Friday, July 26, 2019

Cara Mengembalikan Kartu SIM Hp yang Hilang


Bagaimana mengembalikan kartu sim hp saya yang hilang?
Bagaimana cara mengurusnya?
Dimana mengurusnya?
…….

Banyak pertanyaan dan kecemasan yang muncul ketika kartu sim hp telah hilang, apalagi nomor kartu sim tersebut merupakan nomor penting yang digunakan untuk akun WhatsApp, Sosmed, Jual-beli, bahkan e-Banking.

Pasti menimbulkan was-was bukan jika kartu sim tersebut malah disalah gunakan oleh orang yang tidak bertanggun jawab.

Sesuai judulnya, artikel ini adalah cara untuk mengurus atau mengembalikan atau mengganti kartu sim hp yang hilang dengan nomor yang sama.

Ceritanya, artikel ini dibuat dari pengalaman saya ketika mengurus kartu sim smartfren karena pada beberapa waktu yang lalu baru saja kehilangan Hp saya.

Namun artikel ini berlaku juga untuk pengguna provider lain, seperti Telkomsel, Indosat, Tri, XL, dan lainnya.

Apa yang harus saya lakukan sekarang?

Pada saat itu saya mencoba menghubungi layanan Smartfren lewat fitur Live Chat pada website resmi nya.


Lalu saya coba ceritakan masalah saya, dan akhirnya disuruh untuk mendatangi kantor Service Center Smartfren yaitu Gallery Smartfren untuk mengurus kartu sim yang hilang.

Berikut ini adalah nama kantor Service Center pada beberapa provider lain…

Smartfren = Gallery Smartfren
Telkomsel = Grapari Telkomsel
XL Axiata & Axis = XL Center
Indosat Ooredoo = Galeri Indosat
Tri (Three - 3) = Galeri Tri

Setelah itu saya bertanya lagi…

Apa yang harus saya persiapkan?

Lalu saya disuruh mempersiapkan berikut ini sebelum pergi ke kantor Service Center.

- Nomor kartu hp, pastikan kamu mengingatnya.
- KTP asli, tidak perlu difotokopi.

Setelah itu saya bertanya lagi…

Apakah ada biaya untuk proses pengembalian nomor kartu sim?

Lalu saya disuruh untuk membawa dana sejumlah 15ribu rupiah.

Yang saya tanyakan itu untuk pengguna Smartfren ya, untuk provider lain bisa saja lebih murah atau lebih mahal atau bahkan gratis.

Kesimpulannya…

Jika kamu kehilangan kartu sim kamu, pergilah ke kantor Service Center terdekat pada provider masing-masing. Persiapkan KTP dan sejumlah uang untuk jaga-jaga jika layanannya tidak gratis.

Kamu bisa mencari lokasi Service Center terdekat menggunakan Google Maps jika belum mengetahui lokasinya.

Setelah kamu pergi kesana dan masuk kedalam, pergilah ke layanan CS (Customer Service), lalu ceritakan masalah kamu kepada mbak/mas CS nya bahwa kamu telah kehilangan kartu sim dan ingin mengembalikannya.


Menunjukkan kartu identitas KTP


Setelah itu, kamu disuruh mbak/mas CS menunjukkan KTP kamu untuk mencocokkan data bukti kepemilikan kartu sim.

Lalu ikuti petunjuk selanjutnya jika diminta, dan pemindahan nomor kartu sim yang lama dengan kartu sim yang baru akan segera diproses.

Nah, setelah itu kamu mendapatkan kartu sim yang baru dengan nomor kamu sebelumnya.

Pada beberapa kasus, bagaimana jika saat pencocokan data ternyata registrasi atau pendaftaran kartu sim tidak sesuai dengan KTP yang kamu miliki?

Pada kasus ini bisa saja terjadi karena kamu mendaftarkan kartu sim dengan data asal-asalan, atau kamu membeli kartu sim tetapi sudah aktif dari sananya dan tidak melakukan registrasi ulang.

Mengingat nomor telepon yang sering dihubungi


Pada kasus tadi, mbak/mas CS biasanya akan meminta 2 atau 3 nomor telepon teman atau keluarga yang sering dihubungi, jawablah dengan benar.

Lalu ikuti petunjuk selanjutnya jika diminta, dan pemindahan nomor kartu sim yang lama dengan kartu sim yang baru akan segera diproses.

Setelah itu kamu mendapatkan kartu sim yang baru dengan nomor kamu sebelumnya.

Lalu, bagaimana jika kartu sim tidak pernah digunakan untuk menelpon, atau hanya untuk verifikasi WhatsApp saja?

Mengingat kapan terakhir beli pulsa atau kuota, dan paket apa yang digunakan


Jika kartu sim kamu tidak pernah digunakan untuk menelpon, biasanya mbak/mas CS akan menanyakan kapan terakhir beli pulsa atau kuota, dan paket apa yang digunakan.

Disini kamu harus menjawab dengan tepat, jika kamu menggunakan paket Smartfren 4G Unlimited, jawablah dengan paket Smartfren 4G Unlimited.

Lalu akan ditanya, tanggal kapan dan jam berapa terakhir beli pulsa atau kuota?, kamu juga harus menjawabnya dengan sangat tepat.


Ikuti petunjuk selanjutnya jika diminta, dan pemindahan nomor kartu sim yang lama dengan kartu sim yang baru akan segera diproses.

Setelah itu kamu mendapatkan kartu sim yang baru dengan nomor kamu sebelumnya.

Bagaimana jika tidak ingat?

Membawa bungkusan kartu sim saat membelinya


Jika tadi kamu tidak mengingatnya sama sekali, atau kamu tidak bisa menjawabnya dengan tepat, biasanya mbak/mas CS akan meminta bungkusan kartu sim pada saat pertamakali membelinya.

Pastikan kamu masih memilikinya, dan bawalah ke mbak/mas CS.

Ikuti petunjuk selanjutnya jika diminta, dan pemindahan nomor kartu sim yang lama dengan kartu sim yang baru akan segera diproses.

Bagaimana jika bungkusan kartu sim sudah dibuang?

Tanyakan cara lain

Jika registrasi KTP tidak sesuai, kartu sim tidak pernah melakukan panggilan, tidak ingat kapan terakhir beli pulsa atau kuota dan paket apa yang digunakan, dan tidak memiliki bungkusan kartu sim, cara terakhir adalah menanyakan kepada mbak/mas CS apakah ada cara lain untuk mendapatkan nomor kartu sim kembali.

Pengalaman saya pada saat itu, mbak/mas CS mencatat nomor KTP yang terdaftar pada kartu sim saya, lalu menyuruh mendatangi konter yang saya beli kartu sim untuk menanyakan nomor KTP yang diberikan mbak/mas CS dan meminta fotokopi KTP nya. Jika mendapatkannya, disuruh kembali ke Service Center untuk memproses pemindahan nomor kartu sim yang lama dengan kartu sim yang baru.

Kata dari mbak/mas CS, itu adalah cara terakhir untuk mendapatkan nomor kartu sim kembali.

Nah, itulah pengalaman saya mengurus kartu sim yang hilang. Dan cara ini juga berlaku untuk kartu sim yang rusak.

FAQ

Q : Apakah ada biaya untuk pergantian kartu sim?


A : Ya, sebelumnya sudah saya jelaskan untuk pengguna Smartfren biayanya adalah 15ribu, untuk biaya provider lain yang saya temukan di internet adalah sebagai berikut, Telkomsel 50ribu, XL Axiata & Axis 20ribu, Indosat Ooredoo gratis, Tri (Three - 3) gratis.

Q : Apakah pulsa atau kuota yang tersisa pada kartu sim yang lama akan hangus pada kartu sim yang baru?

A : Tidak, pulsa atau kuota kamu akan tetap sama seperti pada kartu sim yang lama (kartu sim yang hilang).

Q : Apakah nomor kontak yang tersimpan didalam kartu sim yang lama akan tetap tersimpan pada kartu sim yang baru?

A : Tidak, seluruh nomor kontak yang tersimpan akan hangus, kecuali nomor kontak yang tersimpan kamu simpan sebelumnya pada penyimpanan telepon, atau kamu menautkannya dengan akun Gmail.

Q : Jika sudah mendapatkan kartu sim yang baru, dan kartu sim yang lama dipakai orang lain. Apakah kartu sim yang lama masih dapat dipakai?

A : Tidak, jika kamu sudah mendapatkan kartu sim yang baru, maka pada kartu sim yang lama otomatis terblokir dan tidak dapat dipakai lagi.

Saran untuk kamu yang belum mengalami nasib kehilangan kartu sim hp, sebaiknya registrasi nomor kartu sim sesuai dengan KTP kamu, agar ketika mengalami masalah seperti ini, mengurusnya akan lebih mudah.

Semoga bermanfaat :D