Back to Top

Inilah Tahapan Seleksi BUMN PT Pegadaian

Arga Fairuz
Februari 13, 2022
0 Comments

Salah satu perusahaan BUMN yang banyak diminati oleh para pencari kerja adalah PT Pegadaian. Tidak jauh berbeda dengan BUMN lainnya, proses rekrutmen PT Pegadaian dilakukan dalam beberapa tahap. Tahapan tersebut berguna untuk menyeleksi calon karyawan agar sumber daya manusia yang didapatkan kompeten dan sesuai kebutuhan perusahaan.

Berikut ini tahapan rekrutmen di PT Pegadaian dan perusahaan-perusahaan BUMN pada umumnya.

1. Tes administrasi

Tes administrasi adalah proses seleksi berdasarkan dokumen persyaratan yang harus dipenuhi. Beberapa dokumen yang perlu disiapkan adalah ijazah, foto, surat keterangan berkelakuan baik, dan lain sebagainya.

2. Tes aptitude dan tes inteligensi

Tahapan selanjutnya adalah tes inteligensi dan tes aptitude. Pada tahapan ini, Anda harus memenuhi nilai yang disyaratkan agar bisa lolos. Tes inteligensi adalah tes untuk mengukur tingkat kecerdasan. Sementara itu, tes aptitude bertujuan untuk mengukur kemampuan Anda dalam berkomunikasi.

3. Tes akademis dan bahasa Inggris

Setelah tes aptitude dan tes inteligensi, Anda akan menjalani tes akademis dan bahasa Inggris. Tes akademis dilakukan dengan menguji pengetahuan yang berkaitan dengan bidang pekerjaan. Persiapkan diri dengan mempelajari materi-materi selama kuliah dulu. Sementara itu, tes akademis dilakukan dengan menguji kemampuan berbahasa Inggris Anda. Anda bisa mempersiapkan diri dengan banyak berlatih bahasa Inggris, baik secara lisan maupun tertulis.

4. Tes psikotes

Tes psikotes bertujuan untuk mengetahui kepribadian diri Anda. Sebelum mengikuti tes ini, alangkah baiknya menyempatkan diri untuk beristirahat secara cukup. Untuk mempersiapkan diri menghadapi tes ini, Anda bisa berlatih dengan mengerjakan soal-soal psikotes pada buku-buku latihan.

5. Tes kesehatan

Tes kesehatan bertujuan untuk mengukur tingkat kesehatan tubuh peserta. Tes ini dilakukan melalui serangkaian tes, seperti cek darah lengkap, rontgen paru-paru, tes kesehatan mata, tes urin, dan lainnya. Siapkan diri Anda dengan menjaga kebugaran agar hasilnya maksimal. 

6. Tes wawancara

Dalam tes wawancara, Anda akan diberi serangkaian pertanyaan dari HRD dan user. Persiapkan sebaik mungkin dengan mencari tips dan trik tes wawancara sehingga kepercayaan diri Anda meningkat. Cari tahu informasi tentang perusahaan karena hal itu termasuk pertanyaan yang sering diajukan.

Demikianlah tahapan yang umumnya terdapat dalam proses rekrutmen karyawan BUMN.

Selalu update dengan informasi lowongan pekerjaan di BUMN yang Anda inginkan agar tidak tertinggal. Untuk PT Pegadaian sendiri, Anda dapat cari lowongan kerja di Pegadaian melalui halaman “Karir” di website resminya. Pada halaman tersebut, Anda akan mendapatkan informasi mengenai persyaratan lowongan kerja Pegadaian beserta kualifikasinya.

Ingat, pastikan mencari informasi lowongan pekerjaan dari sumber yang terpercaya. Itu karena saat ini banyak penipuan yang berkedok lowongan pekerjaan. Jangan pernah percaya jika lowongan tersebut mencantumkan syarat yang terlalu mudah.

Perlu diingat pula, proses rekrutmen resmi tidak akan memungut biaya sedikit pun. Jika ada yang meminta bayaran, sudah dapat dipastikan bahwa itu adalah oknum yang ingin melakukan penipuan. Segera laporkan jika menemukan hal tersebut. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Peraturan Berkomentar :

1. Komentar Harus Sesuai dengan Artikel
2. Berkomentarlah Dengan Bahasa yang Baik dan Sopan
3. Dilarang Spam
4. Dilarang OOT (Out of Topic)
5. Dilarang Memasang Link Aktif
6. Dilarang Menghina, Sara, dan P*rn
7. Dilarang Promosi (Iklan)

Jika melanggar peraturan diatas, maka komentar akan kami hapus.

{ "middlepost": { "whitelist": "div,p,ol,ul,li", "blacklist": "" } }
{ "status": "false", "type": "image", "image": { "src": "" }, "text": { "title": "Droid Awam", "color": "#222222" }, "opacity": "0.75", "position": "lowerRight" }
{ "status": "true", "label": "Daftar Isi", "listtype": "symbol", "position": "1" }
{ "status": "true" }
{ "lots": "6" }