Beranda
Info
Ketahui 7 Kesalahan Pengisian Daya HP yang Membuat Baterai Rusak

Ketahui 7 Kesalahan Pengisian Daya HP yang Membuat Baterai Rusak

Aan Trias Aan Trias
0 Komentar
Ketahui 7 Kesalahan Pengisian Daya HP yang Membuat Baterai Rusak

Sebuah smartphone adalah gadget yang sangat diperlukan dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari pekerjaan, media sosial, streaming, hingga berkomunikasi. Oleh karena itu, baterai yang tahan lama sangat diidamkan oleh pengguna smartphone.

Namun, terkadang baterai smartphone rusak atau kehilangan kualitasnya. Kondisi ini bisa terjadi pada semua merek smartphone, termasuk Xiaomi, Samsung, dan iPhone. Untuk mencegah kerusakan pada baterai smartphone, perlu dihindari beberapa kesalahan saat mengecas.

7 Kesalahan Pengisian Daya HP yang Membuat Baterai Rusak

Berikut adalah tujuh kesalahan umum dalam mengecas baterai smartphone yang dapat merusak kualitas baterai smartphone:

1. Mengisi Daya Baterai Smartphone Tidak Dengan Kabel Asli

Jangan pernah mencoba mengisi daya smartphone-mu dengan pengisi daya atau kabel yang tidak diketahui asalnya, karena dapat merusak baterai ponselmu. Selalu gunakan pengisi daya asli yang telah disertakan bersama ponselmu, atau cari pengisi daya resmi dari vendor smartphone atau vendor pihak ketiga yang tepercaya.

2. Mengecas Baterai Smartphone Hingga Penuh

Mengecas baterai smartphone hingga penuh dapat memperpendek umur baterai smartphone kita, terutama pada smartphone jadul. Baterai smartphone sudah didesain dengan baik dengan kapasitas 30-80 persen, jadi jika baterai smartphonemu sudah mencapai 30% sebaiknya cepat di-charge. Alangkah lebih baiknya langsung dicabut dan jangan menunggu sampai 100%.

3. Sering Menggunakan Powerbank

Penggunaan powerbank kurang baik untuk smartphone jika digunakan terus menerus, karena panas yang dikeluarkan selama pengisian sering merusak baterai ponsel. Gunakan saja saat kamu berada di luar atau dalam keadaan darurat, seperti saat mati lampu, atau di tempat umum yang tidak ada colokan listrik.

4. Mengisi Daya Smartphone Semalaman

Mengisi daya smartphone-mu semalaman bisa menyebabkan baterai smartphone berkurang kualitasnya, terutama pada smartphone jadul. Baterai smartphone lebih baik diisi hingga 80%. Jika kamu mengisi daya semalaman, smartphone-mu pasti akan melewati 80%. Ponsel yang di-charge semalaman bisa mengalami "trickle charge" di mana baterai yang terisi penuh masih bisa berkurang karena masih aktif. Hal ini dapat membuat ponsel menjadi lebih panas dan mempengaruhi kualitas baterai.

5. Memainkan Smartphone Saat Di-charge

Bermain game atau menonton video sambil mengisi daya ponsel dapat membuat ponsel menjadi lebih panas dan mempengaruhi kualitas baterai. Hindari penggunaan ponsel untuk membuka aplikasi berat saat baterai sedang diisi.

6. Membiarkan Baterai Smartphone Terlalu Panas atau Dingin

Suhu lingkungan sangat berpengaruh terhadap kualitas baterai smartphone. Suhu yang terlalu panas atau dingin dapat memperpendek umur baterai smartphone. Jangan biarkan smartphone terkena sinar matahari langsung atau ditinggal dalam suhu yang terlalu dingin seperti dalam freezer atau mobil yang terkena sinar matahari langsung.

Sebaiknya gunakan smartphone dalam suhu yang normal, terutama ketika sedang mengisi daya atau menggunakan aplikasi berat seperti game. Jika terlalu panas, lepaskan casing atau tutup belakang smartphone untuk membantu pendinginan.

7. Menggunakan Smartphone Saat Sambungan Charger Rusak

Kabel charger yang rusak atau kendor dapat mempengaruhi kualitas pengisian daya baterai smartphone dan dapat merusak port USB atau port pengisian daya pada smartphone. Jangan pernah menggunakan kabel charger yang rusak atau kendor, karena dapat merusak baterai smartphone.

Pastikan untuk menggunakan kabel charger yang sesuai dengan merek dan tipe smartphone-mu. Jika terjadi masalah dengan kabel charger, segera ganti dengan kabel yang baru dan sesuai untuk memastikan pengisian daya yang aman dan optimal.

Kesimpulan

Kesalahan-kesalahan di atas dapat berdampak buruk pada kualitas baterai smartphone. Untuk mencegah kerusakan baterai, pastikan untuk selalu menggunakan pengisi daya asli dan kabel charger yang sesuai, serta hindari mengisi daya smartphone hingga penuh dan menggunakan smartphone saat sedang di-charge.

Jangan lupa juga untuk menjaga suhu lingkungan smartphone dalam kondisi yang normal dan hindari penggunaan powerbank secara berlebihan. Dengan menerapkan kebiasaan yang baik dalam mengisi daya smartphone, kamu dapat memperpanjang masa pakai baterai dan menikmati penggunaan smartphone yang lebih nyaman dan aman.

Penulis blog

Aan Trias
Aan Trias
"Tetaplah bernafas"

Tidak ada komentar

Peraturan Berkomentar :

1. Komentar Harus Sesuai dengan Artikel
2. Berkomentarlah Dengan Bahasa yang Baik dan Sopan
3. Dilarang Spam
4. Dilarang OOT (Out of Topic)
5. Dilarang Memasang Link Aktif
6. Dilarang Menghina, Sara, dan P*rn
7. Dilarang Promosi (Iklan)

Jika melanggar peraturan diatas, maka komentar akan kami hapus.

Featured Post